SOLOPOS.COM - Sejumlah warga berolahraga di kawasan Stadion Manahan, Solo, Senin (2/10/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SLEMAN — Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, mulai menajalani renovasi pada 15 Desember 2023. Selama diperbaiki, PSS Sleman dipastikan harus hengkang dan mencari staidon lain untuk tempat berlatih.

Kandang PSS Sleman itu dipastikan harus steril dan mulai dilakukan renovasi pada 15 Desember 2023 hingga 31 Oktober 2024.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

“Renovasi dijadwalkan mulai 15 Desember 2023 hingga 31 Oktober 2024. Selama renovasi tersebut, Stadion Maguwoharjo harus steril dari aktivitas,” kata Kepala UPTD Pengelolaan Stadion Maguwoharjo, Sumali, Minggu (12/11/2023).

PSS Sleman dipastikan terusir dari kandangnya saat menjalani laga kandang pada lanjutan Liga 1 2023/2024 mulai 15 Desember mendatang.

Padahal, mengacu pada jadwal yang ada, PSS Sleman masih memiliki beberapa jadwal kandang pada lanjutan Liga 1 2023/2024. Sesuai jadwal, PSS akan menjamu Persita pada 27 Februari 2024, PSS vs Borneo FC pada  14 Maret 2024, PSS vs Arema FC pada 2 April 2024, PSS vs Dewa United pada 15 April 2024, dan PSS Sleman vs Persib 28 April 2024.

Media Officer PSS Sleman, Juan Tirta Abditama, menyebutkan saat ini manajemen PSS Sleman telah mencari stadion yang akan dijadikan tempat digelarnya laga kandang skuat Super Elang Jawa di sisa Liga 1 2023/2024. Dia menyebut ada beberapa stadion yang dibidik jadi homebase sementara PSS Sleman, seperti Stadion Manahan Solo dan Stadion Moch Soebroto, Kota Magelang. Selain dua stadion itu, PSS Sleman juga membidik Stadion Sultan Agung, Bantul, untuk menjadi homebase sementara.

“Sudah berkirim surat. Ada beberapa stadion masuk dalam bidikan. Tinggal nanti lihat perkembangan dan izinnya.” terangnya.

Stadion Maguwoharjo Sleman akan direnovasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan pagu anggaran sebesar Rp124 miliar dari APBN tahun 2023/2024.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengatakan renovasi Stadion Maguwoharjo tidak hanya mencakup bidang arsitektural, tapi juga struktural, elektrikal, sanitasi, landscape, dan pemasangan single seat. Selain itu ada renovasi pembenahan elektrikal Stadion Maguwoharjo seperti lampu pertandingan, lampu penerangan, dan pembenahan instalasi jaringan videotron, lift untuk VVIP, scoreboard, dan penangkal petir. Danang mengaku bersyukur setelah berulangkali tim Kemen PUPR mensurvey dan rapat akhirnya dana renovasi turun dari pusat.

“Saat ini tendernya sudah ada di LPSE PU sudah dilelang,” kata Danang.

“Sejauh ini renovasi beberapa bagian sudah dilakukan melalui APBD, termasuk APBD 2023 ini,” jelas Danang.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Stadion Maguwoharjo Direnovasi, PSS Sleman Incar Beberapa Stadion di DIY dan Jateng Jadi Kandang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya