SOLOPOS.COM - Jalur fungsional tol Solo-Jogja sepanjang 13 kilometer (km) mulai dibuka pada Jumat (22/12/2023) hingga Rabu (3/1/2024) untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru. (Solopos.com/Taufik SP)

Solopos.com, JOGJA — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, memastikan jalan tol Jogja-Solo akan dioperasikan secara fungsional pada Lebaran 2024. Namun, jalur tol yang bisa difungsikan hanya dari Kartasura sampai Purwomartani, Kabupaten Sleman.

Ruas tol Klaten-Purwomartani memiliki panjang 3 kilometer dari total panjang 20 kilometer. Jalur sepanjang 3 kilometer itu ditargetkan siap untuk dilewati saat musim mudik Lebaran tahun ini.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Tol Joglo-Solo dari Kartasura sampai Klaten sudah beberapa kali digunakan secara fungsional. Pada libur Natal dan Tahun Baru kemarin, ruas itu sudah dibuka untuk arus kendaraan secara fungsional.

“Secara keseluruhan, ruas Kartosuro-Klaten sepanjang 22,3 km tuntas di Juli 2024, sedangkan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 km ditargetkan tuntas di akhir September 2024,” kata Basuki dalam keterangan resminya, Senin (22/1/2024).

Basuki menambahkan pembangunan tol Jogja-Solo tersebut akan meningkatkan konektivitas antara wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

“Jalan tol Jogja-Solo akan terhubung dengan jalan tol Jogja-Bawen dan dengan jalan tol Semarang-Solo, sehingga akan membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi pada kawasan Jogja, Solo, dan Semarang [Joglosemar],” ungkapnya.

Menteri PUPR terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jogja Solo Marga Makmur untuk mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol dari Kartasura arah ke Jogja yang akan menjadi bagian dari sistem jaringan Tol Trans Jawa.

“Kehadiran tol ini akan mengurangi beban jalan nasional Jogja-Solo yang saat ini kondisinya kerap macet. Khususnya menuju destinasi pariwisata sepanjang koridor, seperti Candi Prambanan. Selain itu juga dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jogja ke Solo dan sebaliknya, serta menuju ke Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo,” ujarnya.

Tol Solo-Jogja hingga Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo secara keseluruhan memiliki panjang 96,57 km. Tol ini terdiri dari 3 seksi, Seksi 1 Solo-Klaten-Purwomartani (42,3 km), Seksi 2 Purwomartani-Monjali-Gamping (16 km), dan Seksi 3 Gamping-Kulonprogo (38,57 km).

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Mudik Lebaran, Tol Jogja Solo Bisa Dilewati dari Kartasura Sampai Purwomartani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya