SOLOPOS.COM - Penampilan peserta Wayang Jogja Night Carnaval untuk memeriahkan peringatan HUT ke-266 Kota Jogja di depan Tugu Jogja, Jumat (7/10/2022) malam. (Solopos.com-Antara/Dinas Pariwisata Kota Jogja)

Solopos.com, JOGJA — Pargelaran Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) kembali digelar untuk memeriahkan perayaan HUT Kota Jogja tahun 2023. Rencananya, penyelenggara menyediakan tribun khusus penonton yang ditarif antara Rp100.000 hingga Rp400.000.

Dijadwalkan WJNC yang ke-8 ini bakal digelar pada Sabtu (7/10/2023). Konsep pagelaran wayang pada tahun ini berbeda dari sebelumnya.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Inovasi tribun khusus ini dilakukan Badan Promosi Pariwisata Kota Yogya (BP2KY) yang berada di bawah naungan Dinas Pariwisata (Dinpar) Jogja. Tribun khusus tersebut disediakan agar penonton bisa menikmati pertunjukan dengan lebih nyaman. Tribun ini akan ditempatkan di titik strategis yang menyediakan pemandangan lebih nyaman untuk menonton pagelaran tersebut.

Kepala Dinpar Jogja, Wahyu Hendratmoko, menjelaskan tribun khusus ini di antaranya berada di Jl. Margo Utomo.

“Tribun khusus ini berbayar, di mana fasilitasnya ada tempat duduk, konsumsi, hingga merchandise,” katanya, Selasa (3/10/2023).

Wahyu menjelaskan tribun khusus ini dikelola oleh BP2KY di mana pembayaran yang dilakukan untuk operasional tribun itu sendiri dan kegiatan lainnya kelak. Tribun khusus tersebut tarifnya beragam mulai dari Rp100.000 hingga Rp400.000.

Gelaran WJNC sendiri akan dimulai pada Sabtu malam pukul 18.00 WIB. Gelaran ini menampilkan beragam kolaborasi bentuk pertunjukan mulai dari koreografi tari, drama, busana, dan musik yang dikemas secara apik.

Wahyu menjelaskan tajuk WJNC ke-8 ini adalah Pandawa Mahabisekha, Ratu Kerajaan Parang Widuri, dan Ratu Sukmengkoro. Garis besarnya, Sang Ratu ini memerintahkan Patih Surawati untuk meminta restu kepada Sang Hyang Bathara Guru agar dapat menguasai para raja yang ada di jagad raya.

Sayangnya, Bathara Guru tidak merestui keinginan Sang Ratu. Murka muncul sehingga terjadi peperangan antara para dewa dengan Surawati beserta Prajurit Raseksi. Untuk lebih lengkapnya dapat menyaksikan langsung gelaran yang akan berlangsung terbuka di Tugu Pal Putih itu.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Agar Penonton Menikmati Pertunjukan, Wayang Jogja Night Carnival Hadirkan Tribun Berbayar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya