SOLOPOS.COM - Pengunjung mencoba gondola di Pantai Timang, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. (jogjaprov.go.id)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Sebanyak 180.000 wisatawan diprediksi mengunjungi Kabupaten Gunungkidul pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengatakan akan ada setidaknya 180.000 wisatawan yang akan datang ke Gunungkidul. Sebagian besar wisatawan akan berkunjung ke kawasan wisata pantai. Untuk itu, perlu persiapan ekstra untuk mengantisipasi kemacetan dan pengolalaan wisata yang baik.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

“Ada beberapa spot jalan sempit sehingga perlu rekayasa jalur. Harapannya tidak crowded yang akan berpengaruh terhadap kenyamanan wisatawan,” kata Sunaryanta ditemui di Komplek Pemkab Gunungkidul, Senin (18/12/2023).

Sunaryanta mengimbau agar pelaku wisata mempersiapkan diri menyambut wisatawan dengan menjadi pelayan yang baik sehingga tidak terjadi informasi atau pemberitaan yang negatif yang akan berdampak terhadap pariwisata Gunungkidul.

“Hal kecil apapun tolong diperhatikan, jangan sampai viral, berita negatif sampai ke mana-mana. Jadilah pelayan wisatawan yang baik,” katanya.

Sunaryanta juga meminta Polres Gunungkidul melakukan mapping baik jalur, arus lalu lintas masuk, dan keluar wisatawan serta pengamanan jalur-jalur baru akses wisatawan ke Gunungkidul. Dia juga menyarankan untuk melibatkan Karang Taruna dan pengelola wisata dalam menyambut musim libur.

Dia menambahkan Gunungkidul menjadi salah satu tujuan terbesar perjalanan yang setiap tahunya mengalami lonjakan mobilitas penduduknya. Sebab itu perlu kesiapan publik untuk memberikan rasa nyaman.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri, mengatakan koordinasi antarinstansi dan elemen masyarakat perlu dijalin dengan baik. Pasalnya, Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bertepatan dengan tahun politik pemilihan presiden dan legislatif.

Bagus menyampaikan Polres Gunungkidul akan melihatkan 238 personel dalam pengamanan Nataru. Polres juga menyiapkan lima pos pengamanan di lima lokasi di antaranya objek vital dan destinasi wisata.

“Lonjakan terbanyak perjalanan masuk Gunungkidul kita prediksi mulai 29 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024,” kata Bagus.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pemkab Gunungkidul Prediksi Ada 180 Ribu Wisatawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya