SOLOPOS.COM - Pengunjung sedang nongkrong di Angkringan di Ngangkring Art Fest, Jumat (22/9/2023). - Istimewa.

Solopos.com, JOGJA — Bagi Anda yang ingin menikmati akhir pekan ini dengan berlibur ke Kota Jogja, event ini nampaknya wajib dikunjungi. Event bertajuk Ngayogyakarta Angkringan & Art Festival atau Ngangkring Art Fest bisa menjadi alternati untuk mengisi akhir pekan Anda.

Event Nangkring Art Fest yang digagas seniman Jogja Oong Hari Wahyu ini digelar mulai Jumat hingga Minggu (22-24/9/2023). Acara ini bertempat di Lapangan Parkir Barat Jogja Expo Center (JEC).

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Ketua Panitia Ngangkring Art Fest 2023, Nano Warsono, mengatakan event ini digelar untuk memberikan ruang kepada para pelaku angkringan di Jogja. Meski dalam berbagai referensi angkringan berasal dari Klaten, tetapi angkringan lebih banyak berkembang di Jogja. Untuk itu, dalam perkembangannya angkringan lebih dekat dengan Jogja.

“Salah satu yang akrab dengan kegiatan sehari-hari di Jogja adalah angkringan, ini menjadi ikon yang kuat tentang Jogja, selain itu angkringan juga menjadi tempat berkumpul yang nyaman dan terjangkau untuk semua kalangan masyarakat,” katanya, Jumat (22/9/2023).

Ia mengatakan para pelaku UMKM angkringan itu lebih dahulu dikurasi dari ratusan angkringan untuk bisa tergabung di event tersebut. Selanjutnya terpilih 51 angkringan. Mereka difasilitasi dalam kegiatan tersebut secara gratis dan bisa menjual berbagai menu dengan harga terjangkau.

“Harganya ya seperti angkringan di pinggir jalan pada umumnya, kami batasi paling mahal makanannya maksimal Rp20.000. Menu ya standar makanan dan minuman tradisional khususnya Jogja,” ujarnya.

Setiap harinya di Ngangkring Art Fest akan dimeriahkan dengan pertunjukan dan panggung musik dengan band dan artis menarik seperti Gedruk Tolak Bala Nitiprayan, Ritus Tetabuhan Ft. Bonita, DubYouth, Sinten Remen, Bravesboy, Iksan Skuter, Partikelir, dan Shaggydog.

Perwakilan Djarum Coklat Dot Com Henrusli mengaku tertarik memberikan dukungan dari aktivitas panggung konser di area angkringan art fest. Event ini memberikan nuansa hiburan yang memadukan antara Jogja dengan angkringannya, seni dan musik.

“Mungkin ini menjadi event pertama dan bisa dibawa atau diadopsi daerah lain, tetapi angkringan tetap menjadi ciri khas Jogja,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Libur Akhir Pekan di Jogja: Konser Musik dan 51 Pedagang Angkringan Ramaikan Ngangkring Art Fest

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya