SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SLEMAN — Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kustini Sri Purnomo, membuka Parade Gerobak Sapi di Lapangan Wedomartani, Kapanewon (Kecamatan) Ngemplak, Minggu (19/11/2023). Parade Gerobak Sapi kali ini diikuti lebih dari 20 peserta yang berasal dari Komunitas Gerobak Sapi Sleman Timur.

Kustini Sri Purnomo mengapresiasi pelaksanaan Parade Gerobak Sapi yang diinisiasi Paguyuban Gerobak Sapi Makarti Roso Manunggal bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Pada kesempatan itu, Kustini mendukung penuh pelestarian gerobak sapi sebagai salah satu transportasi tradisional dan menjadi simbol penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan RI yang saat itu digunakan sebagai transportasi.

Melalui Parade Gerobak Sapi, diharapkan dapat terus nguri-uri keberadaan gerobak sapi serta menghidupkan kembali transportasi jadul sebagai salah satu daya tarik wisata Kabupaten Sleman. Parade Gerobak Sapi ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat mendukung pelestarian budaya sekaligus memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman.

“Parade ini sebagai upaya untuk melestarikan alat transportasi lokal agar tidak tergerus modernisasi. Oleh karenanya, saya mendukung paguyuban gerobak sapi di Sleman untuk nguri-uri keberadaan gerobak sapi dan menghidupkan kembali transportasi jadul sebagai salah satu daya tarik wisata Sleman,” katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (19/11/2023).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid, mengatakan Parade Gerobak Sapi menggambarkan semangat juang pahlawan karena gerobak sapi menjadi simbol kerja keras, kesederhanaan, dan kebersamaan.

“Parade Gerobak Sapi ini melakukan kirab sejauh tiga kilometer serta akan dilakukan penilaian kreativitas dan keterampilan badjingan [pengemudi gerobak sapi] dalam mengendalikan gerobak sapinya,” katanya.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya