SOLOPOS.COM - Suasana gladi bersih Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman antara BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti, Senin (8/1/2024).Harian Jogja - Josep Leon Pinsker

Solopos.com, JOGJA — Kadipaten Pakualaman akan menggelar Dhaup Ageng, atau pernikahan putra KGPAA Paku Alam X, BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastui, pada Rabu-Kamis (10-11/1/2024). Polresta Jogja pun melakukan pengalihan arus di sekitar Pakualaman saat acara akbar itu digelar.

Kasatlantas Polresta Jogja, Kompol Maryanto, menjelaskan pengalihan arus lalu lintas dilakukan selama dua hari, Rabu-Kamis. “Rabu pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB. Sedangkan Kamis pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB,” ujarnya, Selasa (9/1/2024).

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Pengalihan arus di antaranya dilakukan di Simpang Sentul, Simpang Permata dan Simpang Gondomanan. Di ketiga simpang itu arus dialihkan menuju arah berlawanan dengan Pura Pakualaman, karena akan dikhususkan bagi tamu Dhaup Ageng.

Sementara akses di beberapa jalan kecil di sekitar Pura Pakualaman juga akan ditutup, di antaranya Jalan Bintaran Wetan, Jalan Sewandanan, Jalan Suryopranoto, Jalan Purwanggan dan Jalan Ki Mangunsarkoro.

Tak hanya itu, beberapa kantong parkir untuk tamu undangan juga telah disiapkan. Di antaranya di depan Pura Pakualaman untuk parkir VVIP, di seberang Jalan Sultan Agung; di sisi kanan dan kiri Pura Pakualaman; di sisi jalan Bintaran Wetan; serta di Jalan Purwangan.

“Beberapa kantong parkir besar juga disediakan yakni di area Stadion Mandala Krida, area parkir Sriwedani, area parkir Senopati serta area parkir Gor Amongrogo.”

Sedikitnya ribuan undangan telah disebar dalam acara Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman ini. Di antara para undangan itu sejumlah tamu VVIP disebut telah mengonfirmasi kehadirannya.

Ketua Bidang II Panitia Dhaup Ageng, Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radyo Wisroyo, menjelaskan resepsi Dhaup Ageng akan diadakan dua kali yakni pada 10 Januari dengan 1.500 undangan dan 11 Januari dengan 4.000 undangan. Selain sejumlah pejabat dan tokoh politik, Kadipaten Pakualaman juga mengundang kerajaan Nusantara dan dari berbagai negara.

“Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin beserta istri telah mengkonfirmasi akan hadir dalam resepsi hari pertama Rabu (10/1/2024),” kata KRT Radyo Wisroyo, Senin (8/1/2024).

Selain itu, sebanyak 58 kerajaan Nusantara disebutnya juga telah melakukan konfirmasi untuk hadir di acara pernikahan putra bungsu KGPAA Paku Alam X itu. Sementara tamu undangan lainnya seperti Capres Cawapres Pemilu 2024, Presiden RI, dan Dubes negara sahabat biasanya mengkonfirmasi kehadiran menjelang hari pernikahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya