SOLOPOS.COM - Kondisi Kanopi Drop Zone di Stasiun Tugu Yogyakarta usai diterpa hujan deras dan angin kencang, Kamis (4/1/2023. (Istimewa /KAI Daop 6)

Solopos.com, JOGJA — Hujan deras disertai angin kencang menerjang Kota Jogja, Kamis (4/1/2024) siang. Akibatnya kanopi di ruang tunggu dan drope zone Stasiun Tugu Jogja sisi selatan ambrol dan menimpa lima mobil yang berada di bawahnya.

Selain merobohkan kanopi di Stasiun Tugu, hujan deras disertai angin kencang itu juga membuat pohon di Jalan Ibu Ruswo, Prawirodirjan, Gondomanan, tumbang dan mengenai satu andong.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

“Kanopi yang jatuh tersebut menimpa lima mobil pelanggan dan mobil mengalami kerusakan ringan,” kata Manajer Humas Daop 6 Jogja, Krisbiyantoro, Kamis.

Dia menuturkan kanopi tersebut terjatuh saat kawasan Stasiun Jogja diterpa hujan deras dan angin kencang.

“Karena hujan yang deras dan angin kencang, tiang-tiang penyangga yang terbuat dari pipa besi mengalami bengkok dan patah sehingga kanopi turun ke bawah,” kata dia.

Krisbiyantoro mengatakan para petugas Daop 6 Jogja bekerja sama dengan Basarnas setempat tengah melakukan evakuasi terhadap mobil yang terjebak kanopi yang ambrol.

“Para pemilik kendaraan sudah diantarkan ke tempat yang aman dan sudah disepakati bersama bahwa KAI Group akan menanggung seluruh kerusakan yang dialami pelanggan yang terdampak,” ujar dia.

Dia memastikan bahwa tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian itu. Selain itu, juga tidak mengganggu perjalanan kereta api (KA) di Stasiun Jogja.

“Daop 6 memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami seluruh pelanggan di Stasiun Jogja,” ujar Krisbiyantoro.

Pada waktu yang sama, hujan deras disertai angin kencang itu juga membuat pohon di Jalan Ibu Ruswo, Prawirodirjan, Gondomanan, tumbang. Pohon yang tumbang itu menimpa satu andong di lokasi.

Perwira Jaga Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Ardian, mengatakan untuk kusir andong telah dilarikan di RSUD Jogja.

“Sudah terkondisi, klir. Kusir dibawa ke RSUD Kota Jogja, kudanya dititipkan di kandang milik Gusti Yudho,” katanya.

Terpisah, Ketua Paguyuban Andong Jogja, Purwanto, memastikan kusir dalam kondisi sadar ketika dibawa ke RSUD Jogja dengan menggunakan ambulans.

“Sudah terkondisikan, kusir dibawa ke RS Wirosaban [RSUD Jogja] dalam keadaan sadar,” ungkapnya.

Dia belum mengetahui pasti kondisi kusir tersebut karena langsung dibawa ambulans setelah kejadian. Adapun kuda andong tersebut kondisinya baik dan sudah dibawa pulang.

“Langsung dibawa pulang,” kata dia.

Walau belum tahu pasti kronologinya, dia memastikan andong tersebut sedang tidak membawa penumpang ketika tertimpa pohon.

“Kalau kronologi enggak tahu, tetapi menurut cerita ga ada penumpangnya,” ujarnya.

Berdasarkan informasi, kusir andong tersebut bernama Nuryanto, warga Pundong, Bantul. Dari posisi andong ketika tertimpa pohon, sedang menghadap ke barat. Maka diperkirakan andong tersebut baru hendak berangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya