SOLOPOS.COM - Pantai Mesra di Gunungkidul. (visitingjogja.jogjaprov.go.id)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL – Enam titik pos jalur wisata menuju wisata pantai akan didirikan di Kabupaten Gunungkul. Hal ini dilakukan sebagai persiapan dalam menyambut para emudik Lebaran tahun ini.

Sekretaris Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji, mengatakan keenam titik pos tersebut berada di jalur barat, Ngrenehan; jalur jalan lintas selatan (JJLS), Baron; jalur utama Baron; Pulang Sawal/ Pule Gondes; Tepus; dan Wediombo.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Dia menuturkan untuk posko terpadu akan dibuka di Bukit Hargodumilah, Patuk, dan Siyono, Wonosari. Begitu juga untuk posko pelayanan angkutan juga akan dibuka di Terminal Semin. Posko tersebut baru didirikan H-7 dan H+7 Lebaran.

“Kami juga sudah memperbaiki APILL [Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas] dan LPJU [Lampu Penerangan Jalan Umum],” kata Bayu dihubungi, Selasa (26/3/2024).

Rambu-rambu dan lampu peringatan (warning light) juga sudah dipasang di beberapa titik di seluruh wilayah di Gunungkidul. Tidak hanya itu, Dishub juga masih melakukan perbaikan fasilitas jalan lain.

Lebih jauh, dia menegaskan pihaknya telah menggelar ramp check kesiapan angkutan barang, penumpang, dan sungai-danau di Telaga Jonge dan Pulen Pari.

“H-9 atau H-8 kami bersama kepolisian juga akan menggelar ramp check di Terminal. Itu untuk mengecek kelayakan kendaraan dan kelengkapan keselamatan kendaraan,” katanya.

Adapun terkait pembatasan angkutan barang, Dishub masih menunggu instruksi dari Kementerian Perhubungan. Larangan operasional kendaraan tambang dan pengangkut barang bahan bangunan akan disosialisasikan menggunakan surat edaran (SE).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Gunungkidul, R. Agus Hendro Kusumo, mengatakan kondisi APILL di Gunungkidul saat ini dalam kondisi baik menyusul telah adanya perbaikan.

Dia juga akan menyiagakan personel ketika arus mudik mulai bergerak. Dengan begitu apabila ada APILL rusak dapat segera diperbaiki.

“Ketika Lebaran juga akan kami perbaiki APILL-nya. Tapi itu kalau kerusakan ringan. Kalau berat biar teknisi. Akan kami lakukan seefisien mungkin,” kata Hendro.

Dishub, kata dia, telah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Gunungkidul terkait kegiatan ramp check. Ramp check masih akan dilakukan di terminal-terminal dan pool kendaraan.

“Kemarin juga sudah ada ramp check sungai dan danau bersama BPTD Kelas III Jogja. Hasilnya bagus semua,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Sambut Pemudik, Pemkab Gunungkidul Buka Pos di 6 Titik Jalur Wisata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya