SOLOPOS.COM - Ilustrasi angin kencang (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL – Sebanyak 26 rumah di Kabupaten Gunungkidul mengalami kerusakan karena terdampak hujan deras disertai angin kencang selama dua hari berturut-turut. Selain puluhan rumah rusak, ada fasilitas pendidikan juga rusak.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sumadi, mengatakan hujan deras disertai angin kencang selama dua hari ini menyebabkan kerusakan di 30 titik. Rinciannya, 26 rumah rusak, selain itu kendang dan fasilitas Pendidikan juga rusak, serta dua lokasi pohon tumbang. Dampak paling berat terjadi di Kapanewon Semanu dengan titik terdampak sebanyak 25.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Melalui peringatan dini nowcasting.bmkg.go.id, BMKG menyampaikan potensi hujan sedang – lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi pada Minggu (25/2/2024) pukul 14.52 WIB di Kapanewon Nglipar dan Patuk. Potensi tersebut dapat meluas di kapanewon lain.

Sumadi menjelaskan guna mengantisipasi dampak kejadian kebencanaan, masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dengan mengacu peringatan dini dan informasi cuaca. Selain itu masyarakat perlu memangkas pohon lapuk dan cabang berlebih yang perpotensi mengancam jika terjadi angin kencang.

“Jika terjadi hujan deras disertai angin kencang dan petir diharapkan menghindari pohon besar, tiang listri, baliho, daerah rawan longsor, dan daerah aliran sungai. Perlu juga melakukan perawatan dan pembersihan saluran air dan drainase secara berkala,” kata Sumadi dihubungi, Minggu (25/2/2024).

Dari kejadian pada Sabtu (24/2/2024), BPBD mencata kerugian sebesar Rp32,9 juta.

“Khusus hari Minggu kami belum mendapat laporan kejadian,” katanya.

Anggota TRC BPBD Gunungkidul, Wasesa, mengatakan setelah kejadian kemarin Sabtu, TRC telah melakukan asesmen dan penanganan di beberapa titik.

“Kalau untuk hari ini kami tetap stand by dan melakukan monitoring [situasi dan kondisi lapangan],” kata Wasesa.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul BPBD Gunungkidul Catat 25 Rumah Rusak Akibat Hujan Deras Disertai Angin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya