SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/May)

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah Kota Jogja berencana melakukan standardisasi angkringan. Standardisasi ini dilakukan dengan tujuan menjaga mutu dan keamanan makanan yang disajikan di angkringan.

Selain itu, standardisasi itu dilakukan agar angkringan yang menjadi salah satu ikon pariwisata Jogja dapat semakin dinikmati wisatawan.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Standardisasi angkringan di Kota Jogja tersebut diagendakan dalam program Enak dan Cetha (Echo). Program Echo yang di jalankan Pemkot Jogja sudah memiliki 10 angkringan percontohan yang teruji mutu dan keamanan sajian makannya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jogja, Aman Yuriadijaya, menjelaskan sudah menyiapkan formulir untuk memulai program tersebut. Formulir itu adalah terkait dengan skor keamanan pangan (SKP) yang diimbangi dengan pengujian mikroba dalam sajian angkringan.

Pengujian mikroba ini menggunakan metode analisis kuantitatif bahan pangan melalui total plate count. Hal ini dilakukan untuk memperkuat branding terhadap kuliner angkringan Jogja.

“Upaya ini untuk memperkuat branding kuliner angkringan Jogja yang juga ikon wisata, supaya wisatawan juga yakin dengan mutu dan keamanan sajian makanannya,” terang Aman, Senin (30/10/2023).

Aman menjelaskan program tersebut juga untuk menguatkan UMKM di bidang kuliner khususnya PKL di Kota Jogja yang menjajakan angkringan.

“Kalau wisatawan sudah yakin maka kami yakin omzet pedagang akan meningkat, kalau meningkat maka kesejahteraan akan mudah terwujud,” ungkapnya.

Dalam pengujian yang dilakukan Pemkot Jogja ke sejumlah angkringan, jelas Aman, ditemukan angkringan yang masuk kategori rawan dalam keamanan sajiannya. Jumlah kerawanan angkringan dalam keamanan pangannya juga cukup tinggi sebesar 42,9%.

“Kami harap dengan program ini dan dukungan pengujian keamanan pangan maka para pedagang angkringan dapat meningkatkan mutu dan kualitas sajiannya,” tuturnya.

Selama pengujian nanti, sambung Aman, selain mendapatkan hasil mutu dan keamanan sajian para pedagang angkringan juga akan mendapat rekomendasi. Nantinya rekomendasi ini harus ditindaklanjuti supaya mutunya dapat lebih meningkat.

“Mungkin bisa rekoemndasinya menggunakan bahan makanan tertentu,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Wah! Angkringan di Jogja Akan Distandarkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya