SOLOPOS.COM - Ilustrasi UMP (Solopos Dok)

Solopos.com, KULONPROGO — Upah Minimum Kabupaten (UMK) di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, naik 7,67 persen atau Rp157.289 pada tahun 2024. Sehingga tahun depan UMK di Kulonprogo menjadi Rp2.207.736.

“Kesepakatan atas usulan UMK 2024 sudah selesai, baik bagi serikat pekerja maupun asosiasi pengusaha,” kata Penjabat Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, Jumat (24/11/2023).

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Ni Made menyampaikan penentuan nominal UMK tahun 2024 dilakukan dengan memperhatikan hak-hak pekerja maupun kemampuan pengusaha.

“Harapannya kinerja semakin bagus jadi produktivitas meningkat, sehingga pengusaha untung dan pekerja pun juga senang,” kata dia yang dikutip dari Antara.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Kulonprogo, Taufik Rico, mengatakan nominal UMK Kulonprogo disepakati naik 7,67 persen atau Rp157.289 dari Rp2.050.447 per bulan pada 2023 menjadi Rp2.207.736 per bulan pada 2024.

“Hasil kesepakatan dalam rapat pleno Dewan Pengupahan Kabupaten pada Kamis [23/11/2024] naik 7,67 persen,” katanya.

Dia mengatakan besaran kenaikan UMK yang telah disepakati lebih rendah dari besaran kenaikan upah yang diusulkan oleh serikat pekerja di Kulonprogo, yaitu sekitar delapan persen.

“Angka delapan persen ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan iklim investasi di Kulonprogo,” katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulonprogo, Nur Wahyudi, membenarkan bahwa nominal UMK Kulonprogo Tahun 2024 sudah disepakati naik.

Namun, dia tidak menyebutkan nominal kenaikannya karena nilai UMK yang sudah disepakati harus lebih dulu disampaikan ke gubernur untuk ditetapkan.

“Jadi nanti yang berwenang menyampaikan hasilnya adalah gubernur,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya