SOLOPOS.COM - Suasana pencarian orang hilang saat mancing di selatan Jembatan Srandakan II dengan menyisir perairan Kali Progo, Rabu (4/1/2023). (Harian Jogja/Triyo Handoko)

Solopos.com, KULONPROGO — Seorang pemuda bernama Azlan Rhanmadika, 23, warga Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulonprogo, hilang terseret arus air di Sungai Progo, Kamis (4/1/2024) siang. Azlan menghilang saat sedang memancing di sungai tersebut.

Ratusan orang dari tim gabungan yang terdiri dari SAR Sigap Kulonprogo, Polsek Galur, TNI, hingga sukarelawan bersama-sama melakukan pencarian dengan menyisir aliran Sungai Progo dengan radius sejuah 1 kilometer dari titik lokasi hilang.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Pencarian terhadap Azlan dilakukan sejak pukul 13.00 WIB dengan radius 1 kilometer di sekitar Jembatan Srandakan II.

Penyisiran darat dan air itu belum membuahkan hasil hingga Kamis sore.

“Belum ditemukan petunjuk-petunjuk lain, operasi ini juga belum secara resmi diberlakukan, tapi bentuk respons cepat tanggap kecelakaan saja,” kata Koordinator SAR Sigap Kulonprogo, Yohanes Sulis pada Kamis sore.

Belum resminya operasi penyisiran disebabkan belum adanya bukti kuat bahwa Azlan tenggelam di Kali Progo.

“Sampai saat ini belum ada saksi mata atau bukti kuat anak tersebut tenggelam, tapi demikian kami sudah melakukan operasi penyisiran,” kata Sulis.

Reaksi cepat operasi penyisiran, jelas Sulis, itu akan dilakukan hingga 17.00 WIB.

“Kalau sudah resmi biasanya lima hari dilakukannya, karena belum resmi kami belum tahun nantinya. Kami juga masih menunggu arahan dan keterangan kuat lainnya,” jelasnya.

Dalam penyisiran air, sambung Sulis, SAR Sigap menggunakan dua perahu karet. Meski demikian, timnya akan menambah armada lagi untuk proses pencarian.

Sulis menuturkan saat penyisiran dilakukan terkendala cuaca buruk. Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh personel untuk berhati-hati saat melakukan pencarian. Hal ini supaya tidak terjadi kejadian buruk yang tidak diinginkan.

Hilangnya Azlan ini bermula saat seorang warga yang menemukan alat pancing, sepeda motor, hingga kaus berwarna biru di sisi selatan Jembatan Srandakan II pada Kamis pagi.

Warga yang kemudian mencari pemilik motor hingga alat pancing itu karena tak kunjung menemukannya maka melaporkannya ke Polsek Galur. Mendapati laporan tersebut, personel Polsek Galur langsung mendatangi lokasi kejadian.

Saat pemeriksaan personel Polsek Galur tersebut ditemukan tas berisi kartu identitas dimana diketahui orang tersebut adalah Azlan.

“Polsek Galur menemukan KTP dengan nama tersebut lalu mengidentifikasi alamatnya di Kapanewon Lendah, lalu berkoordinasi dengan Polsek Lendah,” jelas Kasi Humas Polresta Kulonprogo Iptu Tritmi Noviartuti pada Kamis siang.

Novi menjelaskan personel Polsek Lendah lalu mengonfirmasi keberadaan Azlan oleh keluarganya di rumahnya.

“Selanjutnya keterangan dari orang tuanya yang bersangkutan atas nama ibu Suwarni bahwa anaknya tersebut kemarin siang, Rabu [3/1/2024] sekitar pukul 13.00 WIB pamit memancing,” ungkapnya.

Suwarni menyampaikan pihak keluarga sempat menghubungi Azlan pada Rabu sore melalui aplikasi WhatsApp, namun tidak terhubung.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pemancing Hilang Diduga Terseret Arus Kali Progo, Begini Kronologinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya