SOLOPOS.COM - MuseumKu Gerabah, tempat wisata baru yang unik di Kabupaten Bantul. (Istimewa/bantulkab.go.id)

Solopos.com, BANTUL — Ada tempat wisata baru di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. MuseumKu Gerabah namanya. Tempat wisata ini berisi dengan bergam koleksi gerabah yang unik dan ditata secara estetik.

Tempat wisata yang baru dibuka beberapa hari lalu itu berlokasi di Kajen, Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berada sekitar satu kilometer ke arah barat dari Gapura Kasongan yang menjadi pintu gerbang sentra gerabah.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Saat mengunjungi kawasan itu, terlihat bangunan serupa tungku pembakaran tradisional berukuran jumbo. Selain itu ada juga kuali terbalik yang kental dengan elemen tanah liat.

Di dinding-dinding bangunan tersebut tertempel ratusan kreweng sewarna bata merah. Bangunan-bangunan ikonik itu merupakan bagian dari MuseumKu Gerabah yang didirikan mendiang Timbul Raharjo. Tempat ini merupakan wujud kesetiaan dan cinta Timbul Raharjo kepada tanah kelahirannya, Kasongan.

Dikutip dari bantulkab.go.id, sebagai wilayah yang terkenal sebagai sentra gerabah di Kabupaten Bantul, sosok Timbul Raharjo memiliki andil besar dalam mendorong industri kriya di Kasongan yang kini dikenal mata dunia.

Timbul Raharjo yang merupakan seniman sekaligus akademisi ini mendedikasikan hidupnya lewat berbagai inovasi dan kreativitas yang dilakukan hingga akhir hayat. Karyanya pun telah mendapatkan berbagai penghargaan di tingkat nasional hingga internasional.

Meski sudah mendunia, Timbul Raharjo tidak lupa terhadap kampung halamannya. Ia kemudian membangun MuseumKu Gerbah yang menjadi landmark masyarakat desa wisata industri gerabah Kasongan.

“Museum ini akan terus menginspirasi dan mengedukasi masyarakat kita agar bisa melanjutkan karya-karya besar dan monumental seperti yang dilakukan Timbul Raharjo. Banyak seniman-seniman muda yang dididik beliau. Semangat dan kiprahnya di bidang kriya inilah yang kita tiru,” kata Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih saat Grand Opening MuseumKu Gerbah, Rabu (8/11/2023).

Saat grand opening itu sengaja digelar bertepatan pada tanggal kelahiran Timbul Raharjo. Selain itu, ada pameran seni Me, Myself, and I #4 dalam grand opening MuseumKu Gerbah.

Museum estetik ini bisa menjadi pilihan bagi wisatawan saat berkunjung ke Bantul. Jam operasional MuseumKu Gerabah mulai pukul 09.00 WIB-16.00 WIB. Tiket masuk tempat wisata ini Rp25.000. Selain bisa menikmati keindahan koleksi museum, wisatawan juga bisa menikmati sajian kuliner yang ada di MG Kitchen.

Dikutip dari akun resmi Instagram MuseumKu Gerabah @museumkugerabah, di tempat ini pengunjung juga bisa mengikuti kegiatan workshop pembuatan gerabah untuk belajar membuat gerabah. Selama workshop, pengunjung akan mempelajari teknik-teknik dasar pembentukan tanah liat. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata baru ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya