SOLOPOS.COM - Pemerintah akan kembali membuka lowongan untuk formasi CPNS dan PPPK 2022 dengan total kuota penerimaan sebanyak 1.086.128 orang. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, SLEMAN – Ada kabar gembira bagi pemburu kerja di Kabupaten Sleman. Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sleman berencana membuka rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN). Kuota yang disiapkan yakni sebanyak 736 kursi, terdiri dari formasi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman, Budi Pramono, mengatakan tahun ini aka nada tambahan sebanyak 736 pegawai baru melalui rekrutmen ASN. Ratusan lowongan itu terdiri dari 147 kursi CPNS dan 589 kursi untuk PPPK.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Budi menyampaikan pegawai di lingkup Pemkab Sleman masih belum ideal. Untuk itu, upaya pengajuan penambahan pegawai terus dilakukan setiap tahunnya.

Di awal Februari lalu, pihaknya sudah mengajukan tambahan pegawai ke Pemerintah Pusat sebanyak ratusan formasi. Menurut dia, ada kabar baik dikarenankan pengajuan tersebut disetujui semuanya.

“Jadi lewat rekrutmen ASN di tahun ini akan ada tambahan pegawai sebanyak 736 orang,” kata Pramono, Sabtu (16/3/2024).

Dia menjelaskan, rekrutmen kali ini sedikit berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelum. Pasalnya, pada 2024 formasi tidak hanya untuk perekrutan PPPK, tapi yang diajukan juga ada yang CPNS.

“Nantinya untuk CPNS ada sebanyak 147 formasi dan dan sisanya sebanyak 589 formasi merupakan tenaga P3K,” katanya.

Disinggung mengenai rencana rekrutmen, ia mengungkapkan untuk CPNS ada dari jabatan fungsional dan pelaksana. Sedangkan, PPPK masih untuk seputaran tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan jabatan pelaksana.

“Untuk pelaksanaan rekrutmen masih menunggu kebijakan dari pusat. Yang jelas akan dilakukan secara bersama-sama,” katanya.

Berdasarkan analisa jabatan dan beban kerja, Pramono mengakui di lingkup Pemkab Sleman masih kekurangan sebanyak 17.000 pegawai. Meski demikian, jumlah ini tak bisa diisi secara langsung karena pengisian juga mengacu pada kemampuan keuangan daeran.

“Jumlah ini ada di seluruh jenjang. Jadi, proses dilakukan bertahap, salah satunya dengan mengusulkan penambahan pegawai yang dilakukan setiap tahunnya,” katanya.

Analis Sumber Daya Manusia dan Aparatur, BKPP Sleman, Suryana, menambahkan rekrutmen beberapa tahun terakhir didominasi oleh tenaga PPPK. Sebagai contoh, pada 2023 ada penerimaan PPPK sebanyak 849 formasi. Jumlah ini terdiri dari guru sebanyak 488 orang, tenaga Kesehatan 255 orang dan tenaga teknis sebanyak 106 orang.

“Untuk rekrutmen PPPK di 2023 sudah dilantik,” katanya.

Menurut dia, upaya penambahan pegawai akan terus dilakukan. Terlebih lagi, setiap tahunnya juga ada pegawai pemkab yang masuk masa pensiun.

“Kami terus mengajukan tambahan tiap tahunnya, tapi untuk kuota penerimaan sangat bergantung dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Hore! Pemkab Sleman Dapat Tambahan 736 Pegawai Baru Tahun Ini, Ada Ratusan Formasi CPNS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya