SOLOPOS.COM - Susana pemadaman pohon resan yang terbakar di Karangmojo, Selasa (5/12/2023) malam. (Istimewa/Damkar Gunungkidul)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pohon Resan berumur sekitar 1.200 tahun di makam Kalurahan Jatiayu, Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, terbakar, Senin (5/12/2023) malam. Diduga pohon tersebut terbakar akibat warga yang membakar sampah.

Dalam video yang beredar dari Damkar Gunungkidul, pohon resan yang terbakar itu tampak api berkobar. Bukan hanya itu, percikan api bak kembang api berjatuhan dari pohon berusia seribuan tahun tersebut.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Terlihat petugas Damkar Gunungkidul berupaya memadamkan api tersebut. Sedangkan beberapa warga terlihat menonton menggunakan senter.

Seorang petugas Damkar, Agus Indratmoko, mengatakan dugaan penyebab kebakaran itu karena warga sedang membakar sampah di dekat lokasi kejadian.

“Info sementara dari pak Dukuh itu ada yang membakar sampah [sehingga] membakar resan,” kata dia, Rabu (6/12/2023).
Kobaran api itu tidak berdampak pada makam yang ada di sekeliling pohon. Namun, pohon resan tumbang sebagian.

Agus mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. “Tidak ada korban. Aman semuanya,” terangnya.

Saat ini, kata Agus, pihaknya masih memantau lokasi ditakutkan terjadi kebakaran susulan.

“Masih mantau, mas, soale kebul-kebul [berasap]. Ini bersama masyarakat memastikan kalau sudah mati,” katanya.

Agus juga sudah berkoordinasi dengan warga sekitar agar tidak lagi membakar sampah di sekitar lokasi kebakaran. Namun, ketika warga membakar sampah diharapkan dijaga sampai api benar-benar padam.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Gegara Bakar Sampah, Pohon Berusia Ribuan Tahun di Tengah Makam Terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya