SOLOPOS.COM - Yashinta Sekarwangi Mega, putri politikus PDIP, Aria Bima, yang berpeluang lolos DPD RI dari Dapil DIY. (yashintasekarwangi.com)

Solopos.com, JOGJA — Nama R.A. Yashinta Sekarwangi Mega belakangan ini mulai menarik perhatian masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal itu tidak terlepas dari perolehan suara sementara Yashinta dalam real count Pemilu DPD DIY 2024. Berikut profil RA Yashinta Sekawangi Mega.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga kini memang masih melakukan proses perhitungan suara Pemilu 2024, termasuk suara untuk DPD wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kendati demikian, hingga Sabtu (17/2/2024) pukul 17.31 WIB, nama-nama caleg DPD DIY yang berpotensi lolos ke gedung parlemen sudah mulai terlihat.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Total ada empat caleg DPD DIY yang meraih suara terbanyak dan berpotensi lolos ke gedung parlemen. Keempat caleg itu yakni GKR Hemas yang mengumpulkan 430.720 suara (32,25%), R.A. Yashinta Sekarwangi Mega dengan 265.404 suara (19,87%), Ahmad Syauqi Soeratno dengan 218.380 suara (16,35%) dan Hilmy Muhammad dengan 185.331 suara (13,88%).

Dari keempat caleg itu, Yashinta Sekarwangi Mega menjadi salah satu yang mencuri perhatian. Selain baru kali ini terjun dalam kontestasi Pileg DPD DIY, perempuan kelahiran 25 Agustus 1996 itu juga mampu menggungguli sejumlah nama yang cukup populer di kalangan masyarakat Kota Jogja.

Berikut profil R.A. Yashinta Sekarwangi Mega yang dikutip Solopos.com dari situs web yashintasekarwangi.com.

Yashinta Sekarwangi Mega merupakan putri paasangan politikus PDIP, Aria Bima, dengan RA Ayu Kartika Primartanti. Ia pun disebut masih keturunan canggah atau anak dari buyut Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) VIII.

Yashinta memiliki riwayat pendidikan yang cukup mentereng. Ia merupakan lulusan S1 Ilmu Hubungan Internasional (HI) UGM.

Selama kuliah di UGM, Yashinta juga mengenyam pendidikan Studi Human Security Summer School di Sicence Po, Prancis, pada 2016.

Selepas dari UGM, Yashinta melanjutkan studi S2 Komunikasi Politik di Unversitas Indonesia pada tahun 2021-2023.

Sebelum ikut kontestasi Pemilu DPD 2024 di wilayah DIY, Yashinta pernah bekerja di Kementerian Luar Negeri pada tahun 2015. Ia juga pernah bekerja di Direktorat Perundingan Bilateral Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI pada tahun 2018-2019. Setelah itu ia tercatat bekerja di Direktorat Perundingan ASEAN Kementerian Perdagangan RI pada tahun 2018-2021.

Selama kuliah, Yashinta juga aktif berorganisasi. Ia tercatat pernah menjadi anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) tahun 2014, pengurus Dewan Mahasiswa (Dema) Fisipol UGM tahun 2015-2016, dan pengurus Keluarga Alumni Hubungan Internasional UGM Yogyakarta (Kahigama) tahun 2020-sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya