SOLOPOS.COM - Minibus terperosok di jalur Cinomati, Sabtu (9/12/2023). (Istimewa/Polres Bantul)

Solopos.com, BANTUL — Kendaraan berkapasitas besar dilarang melintas di jalur alternatif Cinomati Pleret-Dlingo. Larangan ini merupakan dampak dari peristiwa kecelakaan maut minibus yang mengakibatkan satu penumpang meninggal dunia dan belasan orang lainnya luka-luka.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengatakan larangan tersebut untuk mencegah terjadinya insiden serupa. Pasalnya, spesifikasi jalan di jalur Cinomati tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan-kendaraan berkapasitas besar.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

“Kami mengimbau, untuk kendaraan besar dan berpenumpang banyak tidak melintas jalur Cinomati karena melihat dari lebar jalan yang tidak besar serta terjalnya tanjakannya,” tegas Jeffry, melalui keterangannya Senin (11/12/2023).

Ia meminta kepada masyarakat memahami hal tersebut dan tidak nekat melewati jalur Cinomati demi keselamatan. Menurut Jeffry, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait mengenai larangan tersebut.

“Nantinya, akan dibuat rambu-rambu larangan melintas bagi kendaraan besar dan dipasang di sejumlah titik di jalur alternatif itu,” beber dia.

Jeffry menambahkan, selama tahun 2023 telah terjadi kecelakan dua kali di jalur Cinomati yang menyebabkan korban jiwa, luka-luka, dan kerugian materi.

“Selama tahun 2023 ini, tercatat dua kali terjadi kecelakan. satu korban di antaranya meninggal dunia,” ungkap dia.

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi di Jalan Cinomati Pleret – Dlingo Bantul, Sabtu (09/12/2023). Dalam kejadian ini satu orang meninggal dan belasan korban lainnya mengalami luka-luka.

Jefrry mengungkapkan peristiwa ini bermula saat mobil jenis Elf melaju dari Dlingo dengan membawa 17 penumpang melewati Cinomati. Tetapi sampai tikungan yang curam kendaraan tersebut mengalami rem blong.

“Sopir tak berhasil mengusai kemudi sehingga mobil masuk jurang,” jelasnya.

Polisi bersama warga dan relawan langsung mengevakuasi korban maupun mobil yang masuk jurang. Seluruh korban dibawa ke RS Nurhidayah dan RS Permata.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Buntut Kecelakaan Maut, Polisi Larang Kendaraan Besar Lewat Jalur Cinomati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya