SOLOPOS.COM - Ilustrasi menjalani rawat inap di rumah sakit. (Freepik.com)

Solopos.com, BANTUL – Proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 akan diselenggarakan pada Rabu (14/2/2024). Untuk mengantisipasi kasus kegawatdaruratan medis saat proses itu berlangsung, RSUD Penambahan Senopati, Kabupaten Bantul, menyiapkan beberapa bangsal untuk perawatan petugas penyelenggaraan Pemilu 2024.

Humas RSUD Panembahan Senopati, Mujiyanto, menyampaikan RSUD Panembahan Senopati menyiapkan tenaga kesehatan dan bangsal untuk mengantisispasi kasus kegawatdaruratan medis saat penyelenggaraan Pemilu.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

“Pada prinsipnya SDM, sarana, obat-obatan kami sudah siap dan telah kita koordinasikan dengan BPJS [Kesehatan],” ujarnya, Selasa (13/2/2024).

Dia menyampaikan RSUD Panembahan Senopati menyediakan 245 unit tempat tidur sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan layanan kesehatan rangkaian Pemilu 2024. Selain itu, pihaknya secara khusus mempersiapkan 25 unit tempat tidur untuk lonjakan khusus penyelenggaraan Pemilu 2024.

Puluhan tempat tidur itu terdiri dari 10 unit tempat tidur di Bangsal Parikesit, 5 unit tempat tidur di Bangsal Abimanyu dan 10 unit tempat tidur di Pavilliun Yudhistira.

Mujiyanto menuturkan RSUD Panembahan Senopati juga telah menyiapakan dokter, perawat, dan tenaga kesehatan untuk menangangi kasus kegawatdaruratan selama penyelenggaraan Pemilu.

“RSUD Panembahan Senopati juga siap siaga mengantisipasi penambahan kasus penyakit baik fisik, maupun kejiwaan akibat kegagalan para kontestan Pemilu,” ujarnya.

Dia menuturukan apabila ada kasus kejiwaan dari kontestan Pemilu, RSUD Panembahan Senopati telah memiliki dua orang psikiater, dan satu orang psikolog.

“Di [Paviliun] Yudistira lebih privat, 1 ruang 1 orang, di sana ruang VIP. [Pasien] dengan [gangguan] kejiwaan perlu tenang, itu kita sediakan tempat tidur,” ujarnya.

Meski begitu, kata Mujiyanto, ada beberapa puskesmas di Bantul yang ditunjuk untuk membuka pelayanan selama Pemilu 2024, sehingga apabila terjadi kasus penyelenggaran Pemilu yang sakit maka dapat ditangani di sana terlebih dahulu, namun apabila kasus kegawatdaruratan dapat segera dilarikan ke RSUD Panembahan Senopati.

“Kasus yang ditangani tingkat bawah, kalau perlu khsusus kegawatdaruratan bisa ke kami,” katanya.

Pelayanan tersebut menurutnya sesuai Surat Edaran (SE) Kemenkes RI Nomor HK.02.01/MENKES/133/2024 tentang Dukungan Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Pada Pemilu dan Pemilukada 2024.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Saat Hari Coblosan, RSUD Panembahan Senopati Siapkan 25 Tempat Tidur Khusus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya