SOLOPOS.COM - Tiang pancang di kawasan Selokan Mataram untuk pembangunan tol Jogja Bawen. (Harian Jogja Gigih M. Hanafi)

Solopos.com, KULONPROGO — Pemasangan tanda patok atau stacking out jalan tol Jogja-Yogyakarta International Airport (YIA) mulai dilakukan, Jumat (24/11/2023). Daerah yang menjadi titik pertama pemasangan tanda patok tol ini ada di Kalurahan Banguncipto, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dian Ardiansyah, mengatakan setelah pemasangan tanda patok atau stacking out hari ini, pada Senin (27/11/2023) patok akan langsung dipasang menyesuaikan dengan tanda tersebut.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

“Hari ini baru stacking out atau memasang tanda untuk patoknya [untuk tol Jogja-YIA]. Stacking out dalam hal ini adalah pemasangan tanda sementara sesuai dengan koordinat awal ROW Plan menggunakan alat ukur yang presisi. Setelah itu patok ROW-nya dipasang rencananya hari Senin depan mengikuti titik-titik yang sudah ditentukan hari ini,” kata Ardiansyah, Jumat (24/11/2023).

Dian mengaku pemasangan tanda patok tidak dapat dilakukan serentak di delapan belas kalurahan terdampak tol Jogja-YIA.

“Memang tidak bisa serentak pemasangan tanda patoknya. Jadi berurutan. Dimulai dari Kalurahan Banguncipto,” katanya.

Lurah Banguncipto, Boiran, mengatakan alat untuk memasang patok ROW masih dalam maintenance atau perawatan. Sebab itu pemasangan patok tol Jogja-YIA masih belum dapat dilaksanakan.

“Sampai dengan siang ini tadi kami terima informasi bahwa alat bantu yang akan digunakan pemasangan patok ROW masih dalam proses maintenance,” kata Boiran ditemui di kantornya.

Boiran menambahkan Pemerintah Kalurahan (Pemkal) telah memberi sosialisasi kepada para dukuh dan ketua RT dan RW terkait mengenai pemasangan patok. Sosialisasi tersebut penting agar pematokan patok ROW lancar tanpa adanya salah paham.

Padukuhan terdampak proyek strategis nasional (PSN) jalan tol di Banguncipto antara lain Padukuhan Ploso, Bantarjo, Banaran Lor, Banaran Kidul, dan Bantar Kulon. Total bidang yang terdampak mencapai 536 bidang dengan luasan 567.826 meter persegi.

Di lain pihak, Kepala Seksi Pengendalian Pertanahan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY, Ajie Mardana, mengatakan pemasangan patok akan memperjelas bidang-bidang terdampak.

“Setelah dipasang patok nanti akan ketahuan. Dulu yang namanya terdaftar di situ jadi kena tol atau tidak. Misal yang tadinya kena 50 meter ternyata kenanya 100 atau 200 meter. Ada juga yang seperti itu,” kata Ajie.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Tanda Patok Tol Jogja-YIA Mulai Dipasang di Sentolo Kulonprogo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya