SOLOPOS.COM - Pantai Drini Gunung Kidul. (Freepik)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL – Seorang wisatawan asal Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, terseret ombak saat bermain air di Pantai Drini, Kabupaten Gunungkidul, Senin (15/4/2024) sekitar pukul 11.45 WIB. Beruntung wisatawan berusia 15 tahun itu berhasil diselamatkan.

Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Surisdiyanto, mengatakan peristiwa kecelakaan laut itu terjadi saat wisatawan tersebut sedang bermain air di Pantai Drini bersama rombongannya asal Sragen.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Diduga, korban bermain terlalu ke tengah sehingga terseret arus laut. Dia menyampaikan area yang dijadikan bermain korban ini disebut rip current.

Diketahui, rip current merupakan arus kuat dari air laut yang bergerak menjauh dari pantai. Arus ini terbilang kuat, bahkan bisa menyapu perenang yang sudah andal.

BMKG menerangkan rip current disebebkan karena pertemuan ombak yang sejajar dengan garis Pantai sehingga menyebabkan terjadinya arus balik dengan kecepatan arus yang tinggi. Kecepatan tersebut bervariasi tergantung pada kondisi gelombang, pasang surut, dan bentuk Pantai. Kecepatan rip current dapat melebihi 2 meter/detik.

“Petugas yang melihat kejadian langsung memberikan pertolongan dan mengevakuasi korban di tepi,” kata Surisdiyanto, Senin.

Setelah berhasil dibawa ke tepian, korban dibawa ke pos Satlinmas untuk diberi perawatan. Kondisi korban saat ini telah membaik.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pelajar asal Sragen Terseret Ombak Pantai Drini, Begini Kondisinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya